Anatomi Seorang Backpacker





Heyho! Pernah ga sih nyoba traveling ala Backpacker gitu? Masih bingung apa aja yang perlu dibawa saat backpacker-an? Mungkin ilustrasi diatas bisa membantuBeda tujuan tentu beda barang apa saja yang akan dibawa. Misalkan,  ga perlu bawa bear-spray segala kalo mau ke Menara Eiffel, bukan? Nah, saya akan menuliskan daftar barang apa saja sih yang setidaknya dibawa saat backpacker-an. 

1. Pakaian pribadi





Yup, Pakaian itu sudah pasti! Namun ada beberapa aturan membawa pakaian ketika backpacking. Sesuaikan dengan daerah tujuan, misalkan jika ke daerah dingin maka bawalah kaus kaki dan sarung tangan serta celana panjang. Yang pasti, usahakan membawa pakaian yang ringan, tidak mudah kotor seperti warna putih serta pilih bahan pakaian yang mudah kering bila dicuci. Maksimal pakaian 3 kaos, 1 kaos lengan panjang, 1 celana panjang, 1 celana pendek, 5 pakaian dalam dan 1 handuk yang kecil dan ringan saja. Ingat untuk selalu membawa jaket juga ya hehe.

2. Sepatu



Sama seperti urusan pakaian. Untuk sepatu sesuaikan pula dengan destinasi tujuan. Apabila ke daerah pegunungan maka bawa sepatu boot ataupun sepatu trekking. Misalkan juga kalau backpacking ke luar kota bisa memakai sepatu sneakers ataupun kets. Sementara itu, untuk daerah pantai kalian bisa mengenakan sandal. Namun, ingatlah untuk membawa sandal siapa tahu diperlukan dan biasanya diperlukan.

3. Logistik 




Eittss, tunggu dulu. Siapa bilang tidak perlu logistik? Memang sih, bisa makan dimana saja namun perlu juga apabila di daerah tujuan tidak banyak yang jual makanan, di hutan atau gunung contohnya. Botol minum mungkin juga akan diperlukan dalam backpacking. Dan yang tak kalah penting yaitu obat-obatan ringan seperti P3K, obat masuk angin, demam dan batuk sangat membantu kalau-kalau kalian tiba-tiba tidak enak badan.

4. Peralatan lain yang kadang terlupakan




Sebenarnya peralatan kecil berikut hanya opsional saja, tapi kadangkala cukup membantu backpacker dalam backpacker-an. Diantaranya plastik untuk memisahkan pakaian kotor dan bersih, peralatan mandi, masker, jas hujan, senter, pisau serbaguna, topi, atau bahkan tenda sekalipun. 

5. Daypack atau Carrier



"Namanya juga Backpacker". Daypack dan Carrier merupakan barang wajib bagi seorang backpacker. Jelas tidak mungkin seorang backpacker akan memakai kantong kresek untuk membawa barang-barangnya. Tanpa tas ini juga, seorang backpacker mungkin akan mengalami kesulitan membawa perlengkapan dan peralatan dalam perjalanannya. Penggunaannya yang praktis serta efektif dalam membawa banyak barang. Namun banyak barang yang akan dibawa disesuaikan dengan ukuran Daypack atau Carrier tersebut. 

6. Camera is a must!


Yap, mungkin ini adalah benda yang paling tidak boleh lupa dibawa. Tentu seorang backpacker akan mengabadikan setiap momen perjalanannya dan mungkin nantinya akan diposting di media sosial. Seorang backpacker bisa menggunakan kamera smartphone atau kamera digital, bahkan jaman sekarang yang sedang nge-trend untuk mengabadikan momen bisa menggunakan kamera GoPro. Bentuknya yang praktis dan mudah dibawa kemana mana ditambah kualitas gambar yang sangat mumpuni.

***

Nah, bagaimana dengan kalian. Sudah siap kah dengan perlengkapan backpacker kalian? Ingat ya bawa seperlunya saja tetapi tidak melupakan hal penting dan tetap safety first

2 komentar:

  1. Paling setuju sama camera is a must!
    Lebih dari moto"in, tapi punya itikad untuk menyimpan momen which is ga setiap bulan bisa didapat kan~

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener bgttt, bisa jadi memori waktu tua dan kita ceritain ke anak cucu haha

      Hapus