Serpihan Surga Taman Nasional Komodo

Traveler atau bukan, nama Komodo National Park pasti gak asing lagi. Yap yap, Taman Nasional Komodo memang destinasi nomor wahid di Indonesia selain Raja Ampat di Papua. 

Taman yang terletak di di Flores, Nusa Tenggara Timur ini menjadi idola bagi wisatawan domestik dan mancanegara. Bentang alam yang masih perawan nan mempesona, memberi daya magis tersendiri. Mulai dari pantai, pulau dan cagar alam. Dan satu lagi, Komodo, 'naga' yang nyata yang tak akan kalian temui dimanapun selain di Indonesia. 

Saya akan sedikit berbagi berbagai spot magis di Taman Nasional Komodo.

Pulau Komodo


Sudah menjadi list wajib bagi kalian kalau ke Flores, apalagi ke Taman Nasional Komodo. Yap, pulau Komodo yang melegenda di dunia. Gimana engga? Disini kalian akan melihat dengan mata kepala sendiri hewan purba kebanggaan Indonesia. Komodo (Varanus komodoensis) sekaligus Taman Nasional Komodo menerima atribut sebagai The Real Wonder of The World” dan “New 7 Wonder of Nature” dari UNESCO pada tahun 2012.

Di Pulau Komodo tidak hanya ada Komodo saja, kalian juga dapat melihat rusa timor, babi hutan dan kerbau liar serta banyak macam burung. Dan kalian juga bisa ikut memberi makan komodo juga.


Tapi ingat bagaimanapun juga, Komodo merupakan hewan liar. Komodo dapat sewaktu-waktu muncul, karena itu kalian perlu pendampingan pemandu, atau yang biasa disebut "Ranger". Perlu saya beritahukan, air liur komodo sangat berbahaya, bahkan dapat mematikan. Karena air liur Komodo mengandung ribuan bakteri mematikan. So, jangan sampai kegigit Komodo ya, haha.

Pink Beach


Karena pantai berpasir putih sudah sangat mainstream di Indonesia, mungkin itulah alasan kalian harus menyempatkan diri ke Pink Beach ini.

Air laut super jernih, dengan pantai yang berpasir pink ini pernah menjadi salah satu nominasi tujuh keajaiban alam dunia lho. Masyarakat sekitar biasanya menyebut pantai ini dengan pantai merah, tapi wisatawan sering menyebutnya pantai pink. Pasir warna pink ini berasal dari pecahan koral berwarna merah. 

Selain pantai pink ini, keindahan bawah lautnya juga wajib kalian selami. Keindahan bawah lautnya terdiri dari banyak macam ikan, terumbu karang dan biota laut lain.

Pulau Padar


Dari atas pulau terbesar ketiga setelah Pulau Komodo dan Pulau Rinca, kalian bisa menikmati bentang alam Taman Nasional Komodo. Akhir-akhir ini Pulau Padar semakin ramai dibicarakan dan menjadi spot foto untuk di upload ke Instagram. Di sekitar pulau ini, terdapat beberapa pulau kecil juga.

Kalau kalian ingin mencapai spot terbaik untuk foto, yaitu di puncak bukit, kalian harus berjuang dengan cara trekking kurang lebih 30 menit dari pantai. Ya meskipun cukup melelahkan, tapi semua perjuangan akan selalu dibayar dengan panorama perbukitan dan pantai yang ciamik. Jika kalian sudah berada di puncak bukitnya, kalian akan merasakan ketenangan yang alam berikan.

***

Itulah berbagai spot menarik yang wajib berada di list kamu saat bepergian ke Flores dan Taman Nasional Komod. Dijamin, kalian tidak akan melupakan pengalaman traveling dan kalian akan lebih mencintai negeri ini. Tetap safety first dan jangan bawa pulang sampah kalian.

0 Komentar:

Posting Komentar