Solo Traveling? Ini Tipsnya

Kebanyakan dari kalian kalau traveling pasti bareng teman, pacar, atau keluarga. Tapi pernahkah jika kalian bepergian seorang diri? Yap, bepergian seorang diri biasa disebut solo traveling. Satu pertanyaan yang sering muncul adalah, "Bagaimana sih cara melakukan perjalanan sendiri?" 

Kadang kita takut apa yang akan kita lakukan jika bepergian sendiri. Nah, disini saya akan berbagi sedikit tips nih bagi kalian yang ingin solo traveling. 



1. Kontrol rasa takut

Solo Traveling memang bisa membuat rasa khawatir dan takut muncul. Tapi akan lebih bijak jika rasa takut tersebut kita kontrol agar kita menjadi lebih waspada dan mawas diri.

2. Bawa chilli spray

Membawa chilli spray tidak ada salahnya, bahkan akan sangat berguna dalam melindungi diri sendiri di tempat yang benar-benar asing.

3. Ikuti kemana 'sang penuntun' pergi

Ketahuilah, warga lokal bisa menjadi 'guide' yang akan menuntun kalian ke 'surga terselubung'. Kadang mereka lebih tau sebuah tempat menarik daripada 'traveler super sejati' sekalipun.

4. Penampilan sewajarnya

Saat menjadi turis lebih baik jangan berpakaian dan memakai aksesoris berlebihan. Selain terlihat menjaga jarak dengan warga lokal, hal tersebut juga akan mengundang perbuatan kriminal orang lain.

5. Siapkan dokumen dengan rapi

Hal sangat penting terutama saat berada di luar negeri. Kehilangan dokumen penting – seperti paspor dan KTP misalnya, akan sangat merepotkan. Simpan mereka dalam suatu tempat yang aman dan tak mudah tercecer.

6. Membawa obat pribadi adalah hal wajib

Tujuan melakukan solo traveling salah satunya adalah melatih kemandirian. Saat darurat kapan saja bisa terjadi, pertolongan pada diri sendiri akan sangat membantu kalian.

7. Tak ada teman, musik pun jadi

Berkenalan dengan orang baru dalam perjalanan memang menyenangkan, namun tidak setiap saat kita dapat menemukan orang yang mau kita ajak mengobrol. Saat inilah gadget dan headset sangat berguna. Duduk, pasang headset, setel musik, bersantailah.

***
Begitulah kira-kira tips yang dapat saya share disini. Jika kalian punya tips-tips lain, boleh juga share di kolom komentar. 

2 komentar:

  1. Wah kalau saya pribadi, drpd mikir 'gmn solo traveling', lebih mikir gmn kalo share cost traveling yah~ itu yang masih belum bisa dibayangin, tapi pingin banget ngerasain. Dan caranya adalah sering" berinteraksi dg para travelers heheh, sapa tau bisa ikut kegiatan barengnya kan xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener bangett hehe, insyallah klo ada kesempatan solo traveling sekalian buat cost nya hehe. Btw coba sekali2 #cariberengan di sosmed banyakk hehe

      Hapus