Taman Ubur-Ubur Di Pulau Kakaban



Heyho travelmate! Apakah kalian hobi snorkeling? Jika iya, pernahkah kalian menyelam diantara ratusan bahkan ribuan ubur-ubur? Jika belum, maka sempatkan liburanmu untuk menyelam dengan ratusan ubur-ubur di Pulau Kakaban. 

Yap, pulau Kakaban berada di kawasan kepulauan Derawan di pesisir timur Pulau Kalimantan. Uniknya, di tengah Pulau Kakaban terdapat laguna atau danau yang menjadi habitat ubur-ubur tanpa sengat. Dan uniknya lagi, danau ini berair payau. Sampai-sampai UNESCO menyematkan titel Kawasan Warisan Dunia pada tahun 2004. 



Katanya sih, Danau Kakaban termasuk 2 danau ubur-ubur terbesar di dunia. FYI nih, di Danau Kakaban terdapat 4 jenis ubur-ubur tanpa sengat. Diantaranya ubur-ubur bulan (Aurelia aurita), ubur-ubur totol (Magistias papua), ubur-ubur kotak (Tripedalia cystophora), ubur-ubur terbalik (Cassiopea ornata).

Kalian telah siap menyelam bersama ubur-ubur, tapi tidak membawa peralatan snorkeling? Jangan khawatir, disini juga terdapat persewaan alat snorkeling. 




Selain bisa berenang dengan ratusan ubur-ubur, pemandangan hutan mangrove yang mengelilingi Danau Kakaban, bakal menambah perasaan sejuk bagi kalian. Pandangan seperti ini tak akan kalian temukan jika berada di kota. 


Sensasi lain yang bakal kalian temui disini, yaitu bisa menikmati Pulau Kakaban serasa menikmati pulau pribadi. Karena di pulau ini tidak berpenghuni. Pulau Kakaban terdapat penginapan yang bisa kalian sewa dengan tarif murah jika kalian belum merasa bosan berlibur disini.  
***
Nah, bagi kalian yang ingin menghabiskan masa liburan dengan berenang bebas diantara ubur-ubur tanpa sengat ini, dijamin akan memuat cerita berbeda di catatan liburan kalian. 

2 komentar:

  1. Asiknya udh kmna2 ... ngomong2 jadi ingetin kami saat snorkle di menjangan.kaki salah satu dari kami tersengat binatang lautjuga, dan lucunya dari kami ad yang takut renang

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya belom pernah kesini :( . Salah satu triplist saya sebelum umur 30 kak haha.
      Wah paling serem klo kena bulu babi sih klo snorkle gitu

      Hapus