Sisi Sunyi Pantai Mangkok Ijo

Senin, Maret 06, 2017

Entah karena faktor kegabutan atau lelah dengan Tugas Akhir, jadi ngayal pengen kabur ke negeri antah berantah buat ngelepas penat. Tapi gajadi karena ga ada duit yaudah balik ke laptop aja buat bikin tulisan gapenting ini. 

Sebenernya ini perjalanan aku tahun kemaren waktu di Bali 4 bulan. Dimana rutinitas magang yang mulai dari bangun pagi jam 6, mandi, boker harian, masuk kantor jam 8 pulang jam 6 sore dari senin sampe sabtu yang bikin gumoh 6 hari 6 malam. Jadi hari minggu hari yang tepat buat ga gumoh.
sisi sunyi Green Bowl
Waktu udah siang jam 1, saatnya bersiap otw dari kosan ke Pantai Mangkok Ijo. Yap, Pantai Green Bowl. Entah kenapa disebut Pantai Green Bowl, katanya katanya sih kalo air laut surut bakal keliatan kaya bentuk mangkok yang warna ijo nya berasal dari karang-karang disitu. 

Perjalanan kurang lebih 1 jam dari Sanur. Lokasi pantainya ada di selatan Nusa Dua. Gampang banget kok rutenya, dari Jl Raya Uluwatu lurus ke selatan pas ada perempatan belok kiri ke Jl Bali Cliff atau ke Hotel Bali Cliff, jalan udah beraspal dan ada rambunya jadi tinggal ikutin aja. Kalo masih ga nemu coba tanya sama petanya Dora. But no worry, GPS is the best way!

Setelah berpanas-panas di jalaan aekhirnya sampe juga, keliatannya ga terlalu rame, cuma ada beberapa motor dan mobil yang bisa diitung jari. Oiya tiket masuk cuma 5000 itupun udah sama parkir motor. Dan jangan lupa stretching kaki bentar karena pantainya ada dibawah tebing karang, siap ga siap kita bakal turun tangga sekitar ..... ah gausah diitung capek! 

Nikmatin aja, btw disini hutannya masih asri dan rimbun, jadi meskipun matahari nempel di awan juga tetep adem. Ya gak lah ah! Semua perjuangan itu akan indah pada waktunya kan? Jadi, kapan kita bisa traveling satu waktu mbak?
stairway to heaven
Subhanallah, rame bro ...
Ternyata banyak juga surfer yang ngambil spot disini, tapi kebanyakan bule sih. Ombak laut pantai selatan emang cocok buat surfing. Selain surfer, disini juga udah ada pedagang minuman dan nyewain alas buat santai.

Lebih dari itu pantai ini keren banget karena sebagian sisi pantai tetutup tebing yang mirip goa. Aku kira awalnya dinamain Green Bowl karena goa yang mirip mangkok kebalik ini terdapat tumbuhan menjalar di atas dan sisinya. Eh ternyata bukan hehe

Dan ada satu momen awkward yang mengusik naluri lelakiku. Jadi waktu itu aku nyantai sendiri dalem goa ini, posisinya agak di dalem gitu. Tiba-tiba ada 2 orang cewek berjalan masuk goa juga, posisinya agak di belakang aku. Namanya orang penasaran aku noleh ke belakang, eh duhilah mereka lagi ganti baju. Mereka juga liat ke aku, reflek aku langsung buang muka. Astaga antara perasaan kaget sama seneng itu mah. Ett, jangan ngeres dulu, mereka ganti baju ditutupin anduk kok, jadi cuman keliatan wajahnya. Dan alhadulillah mereka cantik broo :)) *ditabokanduk*
teduh

kearifan lokal
Pantai Misterius di Green Bowl

Sekitar setengah jam kita bosen cuman duduk-duduk, akhirnya kita nyobain berenang tipis-tipis. Dan ga sengaja kita liat di sebelah timur pantai ada tempat yang sepi hampir ga ada orang disana. Cuman lokasinya emang cukup jauh, sekitar 200 meteran dari Pantai Green Bowl.

Karena kondisi disini cukup rame akhirnya kita bertiga mutusin pergi kesana. Dan setelah kita nyari jalan ga ketemu dan sampe tanya ke pedagang yang jual minuman di sektar sini

"Bu misi, bisa ngeramal jodoh saya nggak?"
"Oh, jodoh kamu masih gendongan sama orang, eh gandengan mas."
" ..... kalo ke pantai sana jalannya lewat mana ya?" Sempat hening jadi aku langsung to the point aja.
"Kalo kesana ngga ada jalan mas." 
"Yaudah makasih ya buk." 
"Mas, ga beli minuman? disana ga ada yang jual lhoh." 
"Oh udah buk makasih."
"Mas sini dulu, saya ramal lagi jodohnya." 
" ..... ". Aku termenung

Dan ternyata emang ga ada jalan khusus buat kesana, satu-satunya jalan cuman melipir laut. Astaga dragon!
gatau ini yang saya foto siapa, btw pantai misteriusnya ada diujung itu
Yang jadi masalah, disini tepi pantainya cuman ada tebing karang yang bawahnya lumayan tajam dan licin. Lumayan bahaya buat kaki meskipun udah pake sandal. Sejenak berharap bisa nge-cheat munculin perahu karet biar bisa kesana.

Karena  pertimbangan air laut belum pasang jadi kita bertiga mutusin untuk tetap pergi kesana dengan cara melipir laut, kurang lebih 20meter dari bibir tebing karang. HP dan kaos kita masukin plastik biar ga basah waktu perjalanan. Dengan doa dan kenekekatan, kita mulai nyusur perlahan. Awalnya ombak cukup tenang buat kita lewati dan masih sebatas paha. Setelah seperempat jalan ketinggian air laut udah hampir se-perut. Dan ombaknya pun cukup kuat buat narik kita ke tengah laut. 

Dengan kondisi yang sedikit bahaya kita agak minggir ke tebing. Ada sedikit insiden waktu salah satu temen aku jatuh kecengklak karena licinnya lumut karang. Daaaann akhirnya aku sampe dengan Slamet dan Neil Amstrong di pantai misterius ini. Fiuuhh ...
mau meluk pantai ceritanya
Ga sia-sia perjuangan kita kesini sampe bikin deg-degan. Rasanya tuh kayak kita ngelempar mercon ke markas ABRI, adrenalin brooo!

Pantainya jegeg, bener-bener perawan! Ga ada orang lain selain kita, jadi berasa private beach heuheu. Tapi agak miris karena ada beberapa sampah botol plastik berserakan disini dari sisa orang yang udah kesini sebelum kita. Pliss kalo buang sampah jangan di tempat seindah ini, dasar tukang sampah! #kalemmas

Tebing mirip goa yang ada di Green Bowl juga kita temuin disini. Di dalem goa nya cukup lembab dan suasana cukup serem sih meskipun sinar matahari masuk sampe kesini. Cocok nih buat kalian yang pengen bertapa disini sampe wisuda. Tapi sayangnya ga kita foto goa nya karena serem.

Langit pun udah mulai senja, akhirnya kita cuman foto-foto bentar dan balik ke pantai Green Bowl dengan jalan yang sama dan lebih hati-hati kali ini. Kita akhirnya langsung balik ke parkiran karena udah hampir gelap. Sayang banget ngelewatin sunset karena masih belum ada penerangan di sepanjang jalan dari pantai sampai parkiran, bahkan sampe jalan raya Bali Cliff. Alhasil setelah bersih badan di toilet kita tetep pulang dengan peteng-petengan. 

So, 2 pantai ini wajib buat kalian kalo ke Bali. Dan jangan lupa tetep safety first dan ga nekad kaya kita. Kalo mau nyoba sih gapapa, soalnya seru-seru brengsek haha. Paling pas kalo kesini antara siang-sore atau pagi juga ga masalah, cocok buat eye-gasm!

Bisa Dibaca Juga

19 Komentar

  1. Wah sudah lama mau ke Green Bowl cuma belum pernah kesampean. Tiap ke Bali malah nyasarnya ke pantai yang lain. Katanya bagusnya pagi-pagi ke sana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alternatif ke Bali sewa motor bisa explore pantai sepuasnya. Klo pagi belom pernah sih, klo kesana pagi2 share ceritanya ya mba haha

      Hapus
  2. Unik ya nama pantainya. Aku suka sekali kalau main ke pantai, selain refres otak, banyak ide yg d.dapat..

    Weleh, itu harus melipir pantai gitu ya mas buat smpai. Aku kira ada jalan lain gitu..

    Bisa d.list kalau ke Bali nanti.. Untuk waktu emang cocoknya sore kalau gk pagi hati ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener bgt bang, pantai bikin good mood memang. Semoga udah dibuka jalannya kalo kesana hehe

      Hapus
  3. Yeah. Pantai dingin itu yang dicari. Eh ga ding, kalo ga terik ga bagus juga. Btw minta foto yang bener-bener keliatan mangkoknya dong oom.

    Btw oom sampahnya pulangkan pada ibunya lah, mayan amal jariyah wkwkwkw.

    Nice info, semoga gue bisa kesana......tapi gue juga pingin ke Nusa Penida.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo disini mau cari angin sepoi-sepoi bisa mau jemur2 jg bisa haha. Nah sayangnya lupa ga foto goanya waktu itu, soon lah klo kesana lagi haha

      Hapus
  4. ndi ganok bokep ee ti hahahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah dasar mesum sing digoleki bokep e haha, btw iki apais?

      Hapus
  5. pernah baca review ttg pantai ini juga, daaaaan bikin tambah pengen cepet-cepet dateng kesini *biar bisa liat mbak-mbak ganti baju* astaga! engga ding, pengen piknik aja XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. buruan kesini daahh musim liburan pasti banyakkk kok yang seger haha, es degan maksudnya ...

      Hapus
  6. Ah, enak banget itu pantainya buat santai-santai sambil baca buku dan minum bir dingin..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bawa tiker jg cocok banget, tapi jangan ketiduran ya haha

      Hapus
  7. keren ih pantainya.
    ijin bookmark ya mas satya blognya keren :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahh baru kali ini ada yg muji, dengan senang hati dan makasih banyak loh mas haha.
      btw saya masih jauh dibawah ruang sore lho haha

      Hapus
  8. Kelihatannya cocok nih buat Refreshing ......

    BalasHapus
  9. Green bowl... aku bayanginnya rice bowl. Yawla, efek baca postingan ini belum makan dr siang. hahaha bagus ya, apalagi pake tragedi ganti baju, makin asoy. *eh

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha kendi beras kali..
      iya, hal tak terduga yang membuat bulu kuduk berdiri bang ahaha

      Hapus
  10. Trading online Terpercaya Berbasis di Indonesia
    Tingkatkan kualitas Trading mu bersama HASHTAG OPTION
    Broker Terpercaya di Indonesia
    Transaksi mudah dan aman
    Minimal Deposit hanya Rp. 50.000,- sudah dapat BONUS Depo awal 10%** T&C Applied
    Dapatkan juga BONUS Referral 1% dari profit investasi tanpa turnover

    Proses penarikannya Cepat banget lohhh.....
    Deposit & Penarikan paling Cepat dengan metode yang sama via Bank lokal
    Ada Akun pembelajaran untuk kamu yang ingin berlatih

    Segera Daftarkan diri anda sekarang juga di https://platform.hashtagoption.com/site/signup

    BalasHapus