Surga Diving Di Indonesia



Siapa yang tidak kenal dengan keindahan Indonesia? Indonesia memiliki ribuan pulau, dari ribuan pulau tersebut setiap pulau nya memilki keindahannya masing-masing, tak terkecuali keindahan taman bawah lautnya. Indonesia memiliki beberapa spot diving yang sudah mendunia dan menjadi tujuan para diver dan wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Berikut rangkuman beberapa 'surga diving' di Indonesia, simak yes!

1. Raja Ampat, Papua


Menurut saya, kata wow dapat menggambarkan keindahan gugusan pulau yang satu ini. Yap, Raja Ampat. Saya sendiri belum pernah kesini hehe. Tapi menurut informasi dan artikel yang beredar, Raja Ampat merupakan salah satu spot yang paling tersohor di Indonesia bahkan dunia. Di sinilah akan kamu temui keanekaragaman hayati terkaya di dunia mencakup 540 jenis karang atau sekitar 75% dari seluruh spesies karang yang ada di dunia, 1.511 spesies ikan, 5 spesies penyu laut langka, 57 spesies udang mantis, dan 13 spesies mamalia laut. Jika beruntung, saat kamu menyelam di bawah laut Raja Ampat kamu akan bertemu dengan pari manta.

2. Bunaken, Sulawesi Utara


Jika kamu sedang berada di Manado, Sulawesi Utara, tidak ada salahnya mencoba menyelam di Taman Laut Nasional Bunaken. Bunaken sendiri mempunyai 20 titik penyelaman yang bisa kamu jelajahi, antara lain Tembok Lekuan, Mandolin, Bunaken Timor, Tanjung Kopi, dan reruntuhan kapal di Manado. Taman Laut Bunaken 390 spesies koral serta ratusan jenis ikan, reptil, dan makhluk laut lainnya, hingga Ikan Nemo (Clown Fish) yang lucu dan menggemaskan.

Namun, diving trip di Bunaken memang terkenal tidak murah. Satu trik penghematan yang bisa kamu lakukan adalah menyiapkan diving gear sendiri, ya meskipun tidak jarang diving gear sendiri berharga mahal. Di Taman Laut Bunaken harga sewa alat selam bisa terbilang fantastis, sekitar 1 juta/hari.

3. Wakatobi, Sulawesi Tenggara


Belum berhenti di Bunaken saja untuk spot diving di Pulau Sulawesi. Ternyata selain Bunaken, ada satu lagi spot diving yang mendunia. Yap benar, Wakatobi tepatnya di daerah tenggara pulau Sulawesi. Wakatobi sendiri sebenarnya adalah akronim dari nama empat pulau utama, yaitu Wangi-wangi, Kalidupa, Tomia, dan Binongko. 

Di Wakatobi kamu bisa menemukan 750 spesies koral, 112 jenis karang, serta 93 jenis ikan. Beberapa jenis penyu juga menjadikan taman ini sebagai rumah mereka seperti penyu sisik (Eretmochelys Imbricata), penyu tempayan (Caretta Caretta), dan penyu lekang (Lepidochelys Olivacea).

Oh iya, di Wakatobi ini cuma ada 1 ATM. Jadi, buat kamu yang berencana berkunjung ke sini sebaiknya ambil uang di Pulau Wangi-Wangi, yakni pulau utama di kepulauan ini.

4. Bali


Bali memang selalu memberikan keindahan yang luar biasa, tak terkecuali dengan bawah lautnya yang tak kalah menarik juga dibandingkan dengan Bunaken atau Raja Ampat. 

Beberapa spot diving terbaik di Bali diantaranya, Tulamben, menariknya disana terdapat bangkai kapal perang USS Liberty milik USA yang karam saat Perang Dunia II. Selanjutnya Nusa Lembongan, untuk menuju kesana kita dapat menggunakan kapal pesiar Bounty Cruises dan Bali Hai Cruises selama 1,5 jam perjalanan dari Tanjung Benoa. Kemudian yang akhir-akkhir ini mulai populer yaitu Pulau Menjangan. Merupakan salah satu tempat menyelam yang paling di lindungi dan merupakan bagian dari wilayah Taman Nasional Bali Barat yang mencakup wilayah pesisir  dari Teluk Banyuwedang sekitar Prapat Agung Semenanjung ke Gilimanuk. Pulau Menjangan menawarkan pemandangan air yang jernih dan tenang, dengan berbagai jenis terumbu karang dan ikan hias.

5. Pulau Weh, Sabang


Nah, pastinya sering mendengar Pulau Weh, bukan? Yap, pulau paling barat Indonesia. Mungkin jarang terdengar tentang diving spot di ujung barat Indonesia ini, tapi Pulau Weh menawarkan keindahan taman bawah laut yang tak kalah keren dibanding yang lainnya. Setidaknya ada tiga titik penyelaman yang bisa kamu coba, yaitu Bate Tokong, Seulako Barat, serta The Canyon. Nah yang terakhir disebutkan adalah lokasi menyelam yang paling keren di Pulau Weh. Topografinya berupa labirin bebatuan yang minim sinar matahari yang masuk sehingga menimbulkan kesan angker, tapi tenang ga seram kok hehe. Kalau beruntung, bisa bertemu dengan napoleon fish raksasa, lho!

6. Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur


Eitss, jangan salah hanya mengira eksotisme yang dimiliki Pulau Komodo itu hanya sebatas hewan Komodo. Di lepas pantainya, ada daya tarik tersembunyi yang disimpan oleh pulau yang terletak di Nusa Tenggara Timur ini, karena Taman Nasional Komodo ini merupakan jantung Segitiga Terumbu Karang dengan keanekaragaman hayati laut yang kaya di dunia.

Taman Nasional Komodo memiliki sejumlah titik penyelaman yang tersebar di Labuan Bajo, Pulau Komodo, dan Pulau Rinci dengan karakteristiknya masing-masing. Salah satunya adalah Manta Point di mana kamu bisa memantau Manta pada bulan-bulan Maret-April dan September-November. Kalau kamu mau mengunjungi beberapa titik sekaligus, kamu bisa memanfaatkan paket wisata dari dive organizer lokal.

7. Derawan, Kalimantan Timur



Sekarang beralih menuju Borneo, tepatnya di Kalimantan Timur. Terdapat sebuah surga tropis yakni Kepulauan Derawan, yang terdiri dari 31 pulau yang terkenal antara lain Derawan, Maratua, Sangalaki, dan Kakaban. Memiliki pantai-pantai berpasir putih dan surga bawah laut yang luar biasa cantik. Di tempat ini, kamu bisa menemukan kura-kura raksasa, lumba-lumba, ikan pari, barakuda, serta ubur-ubur stingless bisa kamu pegang tanpa takut terkena sengatnya.

Titik-titik penyelaman banyak tersebar di Kepulauan Derawan, kamu bisa menemukan setidaknya 460 jenis karang dan lebih dari lebih dari 870 jenis ikan mulai dari kuda laut kerdil hingga pari manta raksasa. Kalo kamu mau menjelajahi semuanya, setidaknya alokasikan waktu 10 hari untuk tinggal di surga tropis ini. 

***

Bagaimana? Tentunya foto di atas belum sanggup menggambarkan seluruh keindahan surga bawah laut yang ada di Indonesia, mungkin masih ada puluhan bahkan ratusan spot menarik yang ga sempat saya posting di sini hehe. Kamu harus mengalaminya sendiri. Pesan tiket dan kemasi barangmu sekarang juga hehe

0 Komentar:

Posting Komentar